Minggu, 19 Juli 2009

"tips-tips komputer aman dari virus"

Kalau bicara "virus" memang tidak ada habisnya. jumlah "virus", variantnya dan virus2x baru semakin banyak dan terus bertambah, kemampuannyapun semakin canggih baik dalam memanipulasi data maupun merusak data, sistem dan file. Dengan berbagai teknik virus terbaru terus berusaha mengelabui "Anti-virus" bahkan mengerjainya, agar aksinya bisa berjalan lancar tanpa hambatan. Untuk itu mulai sekarang perkuat sistem Scurity komputer anda, agar virus2x nakal tidak punya jalan lagi untuk masuk ke komputer anda berikut ini sedikit tips aman bagaimana agar komputer anda terlindung dari serangan virus.

- Instal anti virus untuk memilih anti virus yaitu cari anti virus yang menyediakan proses update dengan mudah. configurasi yang user frendly. proses scanning yang cepat dan mengunakan teknologi scanning yang canggih. data base virus yang lengkap. Didukung dengan berbagai fitur mulai deteksi virus di starup, regedit, proses windows, memory dll. mampu mengembalikan dan memperbaiki file yang diubah oleh virus ke kondisi semula tanpa merusak file itu sendiri. Dapat memberantas virus dengan tuntas dan akurat serta yang penting gunakan anti virus lokal karya anak negri Ok jes.
- Update anti virus dengan rutin karena tak akan membantu banyak jika anti virus kita tidak pernah diupdate.
- Selalu menscanning komputer anda sesering mungkin
- Tampilkan selalu ekstensi file dengan cara klik tool – folder option pilih tab View hilangkan tanda centang pada “Hide extensions for know file types”. Dengan begitu ekstensi file akan terlihat hal ini sangat berguna sekali karena biasanya kita tidak menampilkan ekstensi tersebut, sehingga jika file word (*.doc) maupun file lain terinfaksi dan ekstensinya udah biasanya berubah ke ekstensi lain mis application (*.exe) anda tidak mengetahuinya, bisa jadi file tersebut anda buka dan apa yang terjadi kenadech !! komputer anda.
- Kenali standart ektensi berbagai file yang ada dikomputer. jika ditemukan file yang ekstensinya tidak normal mis dokumen (*.doc) menjadi (*.exe) , Folder ada ekstensinya, karena folder normal tidak berekstensi dll
- Jangan terpancing oleh icon pada waktu membuka file yang penting ekstensinya karena icon virus bisa berubah-ubah untuk mengelabui anda.
- Waspadai file dengan ekstensi [ exe, vbs, bat, inf. ini, htt, sys, db, dll ] Virus kebanyakan memakai ekstensi tersebut dan tidak menutup kemungkinan menggunakan ekstensi lain.
- Tampilkan hidden file dengan cara klik tool – folder option pilih tab view – pada hidden files and folders pilih “show hidden and folders. cara ini untuk menghindari file virus yang di hidden.
- Jangan memaksakan untuk membuka file yang terinfaksi virus karena bisa fatal akibatnya.
- Install firewall jika anda terhubung ke jaringan atau internet
- Jangan sembarangan mensharing data pada jaringan
- Hati pada saat anda surfing karena kadang site yang anda buka disisipkan worm, trojan, adware, malware dsb.
- Mungkin anda bisa menginstall deepfresh jika anda tidak mau pusing dengan virus
- Anda bisa juga menginstall style XP sehingga folder komputer anda berubah warna, jadi jika ada virus dengan icon folder akan ketahuan kalau itu virus.
- Scan dahulu jika anda ingin memasukan flash disk maupun diskket.
- jangan sembarangan mengclik file pastikan dulu file tersebut aman.
- Matikan proses starUp flash disk caranya Download file “USB Autorun Protect.rar” yang sudah tersedia pada page download ikuti prosedur dan configurasi yang sudah tersedia dalam file tersebut. karena Ada virus pada saat fash disk dimasukan virus tersebut langsung aktif tanpa anda mengklik file satupun karena file autorun virus tersebut berada di flash disk juga.
- Gunakan tool yang ada di anti virus atau Utillity untuk menampilkan Super hidden. Kadangkala meskipun udah show hidden di folder option tetap aja virus gak keliatan. karena Biasanya virus menggunakan super hidden.
- Hati2x juga pada saat anda memasukkan CD, bisa2x CD tersebut juga ada virusnya.
- jangan panik jika file anda hilang, karena virus cuma menyembunyikan aja dokumen anda dengan dihidden setelah discan juga akan kembali. tapi jika tetep gak kembali berarti virus tersebut betul2x kurang ajar menghapus data anda.
- Yang terakhir berdoa agar komputer anda bebas virus dan anda tidak stress ……

Apalagi ya kira2x ?? itu aja dulu tapi jika ada yang mau menambahkan dapat anda kirim via email semoga dapat membantu membebaskan komputer anda dari virus. Memang sedikit ribet tapi jika anda teliti dan anda lakukan cara diatas mungkin komputer anda akan aman2x wae.

1 komentar: